Kejaksaan Negeri Sorong Gelar Sosialisasi, Fungsi Dan Peran Pengamanan Pembangunan Strategis.

  • Whatsapp
banner 468x60

pb-sorongkota.com, – Kegiatan sosialisasi fungsi dan peran kejaksaan Negeri Sorong, dalam pengamanan pembangunan strategis (PPS), yang berlangsung digedung Samusiret, lingkungan kantor Walikota Sorong. Tindakan ini adalah, bagian dari peran intelejen penegakan hukum, dalam melakukan upaya pekerjaan, kegiatan dan tindakan, untuk medeteksi peringatan dini, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan terhadap setiap hakikat ancaman yang mungkin timbul dan mengancam kepentingan dan keamanan, pelaksanaan pembangunan strategis di Kota Sorong, Papua Barat, Selasa/22/Juni/2021.

     Kejari Sorong, Erwin Saragi

Kepala Kejaksaan Negeri Sorong, Erwin P. H. Saragi, SH, MH saat ditemui awak media menjelaskan, tujuan Kejaksaan Negeri Sorong, melakukan sosialisasi fungsi dan peran kejaksaan pengamanan proyek stretegis, karena masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah, tidak mengetahui, oleh sebab itu, Kepala Seksi Intelejen, Kejaksaan Negeri Sorong, yang mensosialisasikan proyek-proyek yang mana, yang didampingi, dan ada sekitar 20 proyek yang akan didampingi oleh Kejaksaan Negeri Sorong, selain itu, kejaksaan juga mempunyai banyak fungsi yaitu, fungsi pendampingan, fungsi MOU, SKK, fungsi intelejen, fungsi penindakan, fungsi-fungsi inilah yang harus disosialisasikan oleh kejaksaan Negeri Sorong, biar pemerintah daerah tau, peran dan fungsi dari Kejaksaan Negeri Sorong, program ini sudah lama, kurang lebih ada 3 tahun, “ungkap Erwin.

      Walikota Sorong, Lambert Jitmau

Walikota Sorong, Drs.Ec. Lambert Jitmau, menjelaskan pada waktu yang berbeda, sosialisasi peranan dan fungsi kejaksaan disetiap daerah, termasuk Kota Sorong sangat luar biasa. Untuk itu, Lambar Jitmau menyampaikan, terimakasi kepada Kejari Sorong, yang sudah melakukan kegiatan, diharapkan sosialisasi ini bisa memberikan informasi yang baik, menyakut pengawasan pembangunan daerah, kepada pera pejabat agar bisa paham dan tau, bagaimana mengelola keuangan Negara dan keuangan Daerah dalam pembangunan infrastruktur dasar disetiap daerah, yang berkaitan dengan bidang dan tugas masing-masing, sehingga mereka melaksanakan sesuatu, sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku, jika hal-hal yang dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pasti akan menimbulkan hal-hal yang tidak diingkan. Dengan adanya sosialisasi ini memberikan pemahaman kapada para pejabat, apa yang mereka tidak tau, menjadi tau, sehingga dalam melaksanakan tugas harus berhati-hati terhadap apa yang mereka lakukan, jangan sampai mereka tidak tau, melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan, sehingga berurusan dengan hukum, Lambert Jitmau, mengucapkan terimakasi kepada Kejari Sorong dengan staf yang hari ini mempunyai program kerja, dan mempunyai niat baik serta memberikan sosialisasi kepada ASN di kota. Semoga niat baik ini bisa menjadi pegangan dan pedoman dalam melaksanakan tugas, disetiap OPD masing-masing,”jawab, Lambert.

Kasi Intel/Kejari Sorong/Raffles David Napitupulu.

Kasi Intel, Kejari Sorong, Raffles David Napitupulu, menambahkan, pembangunan strategi Nasional, itu kalau Nasionan dari tingkat pusat, kemudian daerah yang sifatnya strategis daerah, atau yang ditetapkan, dalam hal ini keputusan Walikota, atau dari BUMN, BUMD, yang bersifat strategis itu bisa di mintakan ke Kejari, melalui kejaksaan tinggi Papua Barat. Untuk dilakukan mengamanan, pembangunan strategis Nasional ada 20 sektor, seperti infrastruktur jalan, dermaga, pelabuhan, bandara, sarana dan prasaranan telokomunikasi, kelistrikan, perikanan dan parawisata. Selain itu pembangunan strategis pendukung, seperti pelabuhan, untuk pembangunan pelabuhan dan dermaga tidak bisa begitu saja, membutuhkan mobilisasi, seperti reklamasi, yang dalam proses pembangunan membutuhkan penimbunan, hadirnya sosialisasi ini sebagai fungsi pencegahan penanggulangan korupsi, untuk itu dilakukan pengawasan dalam pengelolaan anggaran pemerintah daerah, (tofan)

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *